NBRS Corp
Kunci Membangun Marketing, Branding dan Selling
Yuk masuk ke akun kamu untuk menonton konten ini

Masuk
8 Desember 2023 • Dilihat 265 kali

Kunci Membangun Marketing, Branding dan Selling

Ikhsan Syaban

NBRS Corp - Tujuan utama dari Marketing, dan Branding adalah untuk membangun loyalitas pelanggan, mendapatkan referensi pelanggan, mendapatkan pengakuan, dan mengenalkan brand Anda. Ini melibatkan penciptaan identitas merek dan memasarkan produk atau layanan sehingga marketing masuk sebagai konsep atau gaya hidup calon pembeli yang menggambarkan produk Anda. Sebagai makhluk emosional, manusia lebih cenderung membeli ketika produk yang dijual memberikan perasaan yang diciptakan oleh suatu merek.

 

Perbedaan Marketing, Branding dan Selling

 

Tiga elemen di atas seringkali di sangkut pautkan karena memiliki tujuan akhir yang sama, yaitu mendatangkan lebih banyak pelanggan dan menghasilkan pendapatan. Namun dari 3 unsur tersebut memiliki karakteristik dan prosesnya masing-masing yaitu : 

 

  • Branding 

Branding berkaitan dengan menciptakan aset dan membangun merek yang akan diingat oleh calon pembeli, selain itu branding merupakan segala aktivitas yang meningkatkan awareness atau kesadaran merek. Branding merek mendefinisikan bisnis Anda sebagai bisnis yang memiliki produk dan layanan terbaik. Branding perusahaan Anda adalah bagian dari strategi bisnis jangka panjang. 

 

  • Marketing 

Pemasaran atau marketing menargetkan audiens berskala luas sedangkan penjualan menargetkan orang-orang tertentu. Pemasaran berfokus pada menangkap prospek, mengembangkan dan melibatkan audiens Anda. Strategi pemasaran Anda akan memainkan peran penting dalam cara orang memandang merek Anda.

 

Pemasaran adalah proses membangun kesadaran merek dan menjual produk dan layanan kepada pelanggan. Mulai dari penggunaan iklan dan poster hingga postingan media sosial, Kampanye pemasaran yang hebat akan menarik pelanggan dan mendorong mereka untuk membeli produk atau jasa perusahaan.

 

  • Selling

Penjualan atau selling berfokus pada mengubah prospek tersebut menjadi pelanggan. Penjualan memberitahu pelanggan bagaimana mereka bisa mendapatkan produk dan layanan tersebut.

 

Secara keseluruhan, ketiga elemen ini sangat penting dalam bisnis apa pun. Mereka memberikan nilai yang berbeda untuk sebuah bisnis, namun semuanya bekerja menuju tujuan yang sama: untuk memberikan pelanggan pengalaman transaksi terbaik yang dapat mereka dapatkan dengan merek Anda. 

 

Baca dan tonton juga materi Meet The Guru lainnya:

-Strategi Marketing Media Sosial

-Strategi Pemasaran: Mengenali Kebutuhan Konsumen

Komentar (0)
Untuk berkomentar, harap Masuk atau Registrasi terlebih dahulu