Tentunya dalam memulai bisnis, Anda perlu mengetahui mengenai apa itu Trend Forcasting. Trend Forcasting itu adalah sebuah metode memprediksi trend untuk beberapa waktu kedepan. Ini berfungsi unuk memunculkan desain baru dalam rangka untuk memenuhi selera pasar
Untuk memulai mengembangkan usaha, faktor yang cukup penting untuk dilakukan adalah trend forcasting, menurut Irvan A. Noe’man bahwa sebaiknya memproyeksikan trend maksimal 18 bulan kedepan, setelah itu kamu bisa meninjau ulang produk yang akan dibuat apakah bisa mengikuti trend atau tidak.
Trend cukup sangat berkaitan dengan penciptaan dari gaya hidup, sedangkan gaya hidup itu sendiri dapat diartikan sebagai pola penggunaan ruang. Untuk itu sebuah produk haruslah melahirkan value creation. Desain yang dihasilkan harus sesuai dengan dasar kekuatan inovasi, kreativitas dan desain yang dapat menghasilkan produk yang memilik harga jual.
Keberadaan suatu produk di tengah-tengah masyarakat banyak, cukup menjadi pemicu untuk terjadinya persainagan dalam segi kualitas, kinerja, material, teknologi, harga, merek dan bentuk. Jadi dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya lahan garap desain sangatlah luas,
Bahwa desain yang sukses yaitu desain yang berhasil di pasar, disini dapat diartikan bahwasannya paradigma desain tidak sekedar Product oriented tetapi lebih pada Market Oriented atau yang biasa disebut Consumer Oriented, Agar Market Oriented dapat dipenuhi maka Anda tidak hanya mempunyai kemampuan paraktik tetapi juga harus memiliki pengetahuan seputar riset dan teknologi.
Warna tentunya cukup mempengaruhi dunia fashion, pada dasarnya sebuah warna merupakan bagian yang cukup penting dalam sebuah desain, Prediksi warna sering didasarkan pada produk dan wilayah tertentu.
Fashion forecast dalam penentuan trend potongan baju membantu produsen dan perancang busana untuk mengantisipasi permintaan pasar. Dengan memahami tren dan preferensi konsumen, dapat menciptakan potongan baju yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan saat ini.
Hal ini memungkinkan untuk menghasilkan produk yang diminati oleh konsumen dan meningkatkan peluang kesuksesan di pasar. Dengan adanya forecast trend yang akurat maka dapat menghindari kelebihan stok atau kekurangan pasokan, sehingga dapat mengoptimalkan produksi serta penjualan sesuai permintaan pasar.
Fashion yang seperti apa yang akan dominan di pasar atau di mata para pembeli, perlu diingat Anda perlu memikirkan pasar fashion baru. Ini karena minat dari para pembeli terhadap fashion yang sudah mulai habis atau tua banyak yang berkurang.
Semisal, dulu mungkin orang-orang lebih suka pada desain pakaian yang bordirannya lebih rumit, tetapi sekarang mereka malah lebih fokus pada pakaian dasar yang sederhana. Jadi pakaian tersebut tidak lagi populer seperti dulu.
Anda perlu mengetahui mengenai perbedaan fashioin zaman dulu denhan fashion masa kini. Maka dari itu Anda perlu mencari tahu alsan-alasan apa yang menyebabkan perubahan mode, Anda harus memiliki gagasan terlebih dahulu tentang mode mana saja yang lebih populer saat ini.
Tonton juga E-Learning dan Artikel seputar Fashion Fashion Stylist dan berbagai kelas Meet The Guru lainnya:
- Sales Forcasting Strategi Mencapai Target Omzet Penjualan
- Gaya Effortless dengan Warna Pastel: Inspirasi Fashion Cewek Kue
- Bingung Cari Warna Baju yang Cocok dengan Kulit? Yuk Cari Tahu
kuti materi-materi berharga lainnya di Meet The Guru dan daftarkan diri Anda melalui fitur Acara nbrscorp.co.id
Penulis : Sonia Auliya