NBRS Corp
7 Tips Dasar Copywriting untuk Pemula dan Contoh Pengaplikasiannya
Yuk masuk ke akun kamu untuk menonton konten ini

Masuk
1 Februari 2023 • Dilihat 2316 kali

7 Tips Dasar Copywriting untuk Pemula dan Contoh Pengaplikasiannya

Anisa Wakidah, S.S.

NBRS CorpCopywriting adalah salah satu elemen terpenting dalam advertising dan marketing. Teks ini berkaitan dengan proses penulisan kata persuasif yang dikenal dengan dengan istilah copy yang menginspirasi atau memotivasi orang untuk melakukan tindakan yang spesifik.

 

Saat Anda membuka majalah dan terdapat halaman penuh iklan yang menjual suatu produk makan kata-kata yang termuat didalam halaman tersebut merupakan copywriting.

 

Copywriting adalah proses menulis materi promosi periklanan. Copywriter bertanggung jawab atas teks pada brosur, baliho, situs web, email, iklan, katalog, dan lainnya. Tidak seperti berita atau penulisan editorial, copywriting adalah tentang membuat pembaca mengambil tindakan.” – AWAI.

 

Melalui pengertian di atas dapat ditarik suatu pemahaman bahwa copywriting selalu terhubung dengan tindakan mempromosikan atau menjual bisnis, organisasi, merek, produk atau layanan yang didefinisikan sebagai bagian dari pemasaran.

 

Copywriting adalah proses menulis kata-kata yang dimaksudkan untuk mendorong tindakan tertentu oleh pembaca.

 

Seni copywriting dapat ditemui diberbagai macam platform seperti:

  • Periklanan
  • Situs web
  • Email
  • Posting blog
  • Landing pages
  • Brosur
  • Presentasi
  • Skrip video
  • Berita utama
  • Deskripsi produk, dll.



Apa yang Dilakukan Seorang Copywriter?

Seorang copywriter bertugas menulis kata-kata untuk berbagai aset termasuk halaman web, blog, artikel, iklan, postingan media sosial, email, poster, papan reklame, panduan, studi kasus, whitepaper, dan lainnya.

Mereka menggunakan media tulisan untuk menginformasikan, melibatkan, memengaruhi, dan/atau membujuk audiens. Sasarannya dapat bervariasi dari meningkatkan kesadaran merek hingga memposisikan bisnis atau organisasi sebagai otoritas, hingga menutup penjualan.

 

Mengapa Copywriting Sangat Penting?

Copywriting sebagai layanan dan pilihan karir telah membooming selama beberapa tahun terakhir. Dan alasannya sangat sederhana. Setiap bisnis online membutuhkan copywriting.

 

4 Tujuan Inti Copywriting

Untuk copywriting untuk mendapatkan hasil, perlu mencapai empat tujuan utama. Tujuan-tujuan ini disebut sebagai kerangka kerja AIDA:

  • Perhatian
  • Minat
  • Menginginkan
  • Tindakan

 

Copywriting tidak harus misterius atau rumit. Dibutuhkan penelitian, keterampilan, dan pemahaman mendalam tentang kebutuhan dan tujuan bisnis Anda.

 

Seorang copywriter terampil yang dipersenjatai dengan semua informasi yang mereka butuhkan dapat memperkuat upaya pemasaran dan ROI Anda ke level baru dan menyusun citra merek Anda untuk audiens target Anda.

 

Simak 7 Tips Copywriting Dasar untuk Pemula dan materi Copywriting lainnya di Meet The Guru  dan daftarkan diri Anda melalui fitur Acara.

 

Penulis : Anisa WakidahRosa Shafira Gunawan

 

 

Komentar (1)
Untuk berkomentar, harap Masuk atau Registrasi terlebih dahulu
Dezidmom
1 tahun yang lalu
Baik kk