NBRS Corp – Copywriting adalah salah satu elemen terpenting dalam advertising dan marketing. Teks ini berkaitan dengan proses penulisan kata persuasif yang dikenal dengan dengan istilah copy yang menginspirasi atau memotivasi orang untuk melakukan tindakan yang spesifik.
Saat Anda membuka majalah dan terdapat halaman penuh iklan yang menjual suatu produk makan kata-kata yang termuat didalam halaman tersebut merupakan copywriting.
“Copywriting adalah proses menulis materi promosi periklanan. Copywriter bertanggung jawab atas teks pada brosur, baliho, situs web, email, iklan, katalog, dan lainnya. Tidak seperti berita atau penulisan editorial, copywriting adalah tentang membuat pembaca mengambil tindakan.” – AWAI.
Melalui pengertian di atas dapat ditarik suatu pemahaman bahwa copywriting selalu terhubung dengan tindakan mempromosikan atau menjual bisnis, organisasi, merek, produk atau layanan yang didefinisikan sebagai bagian dari pemasaran.
Copywriting adalah proses menulis kata-kata yang dimaksudkan untuk mendorong tindakan tertentu oleh pembaca.
Seni copywriting dapat ditemui diberbagai macam platform seperti:
Seorang copywriter bertugas menulis kata-kata untuk berbagai aset termasuk halaman web, blog, artikel, iklan, postingan media sosial, email, poster, papan reklame, panduan, studi kasus, whitepaper, dan lainnya.
Mereka menggunakan media tulisan untuk menginformasikan, melibatkan, memengaruhi, dan/atau membujuk audiens. Sasarannya dapat bervariasi dari meningkatkan kesadaran merek hingga memposisikan bisnis atau organisasi sebagai otoritas, hingga menutup penjualan.
Copywriting sebagai layanan dan pilihan karir telah membooming selama beberapa tahun terakhir. Dan alasannya sangat sederhana. Setiap bisnis online membutuhkan copywriting.
Untuk copywriting untuk mendapatkan hasil, perlu mencapai empat tujuan utama. Tujuan-tujuan ini disebut sebagai kerangka kerja AIDA:
Copywriting tidak harus misterius atau rumit. Dibutuhkan penelitian, keterampilan, dan pemahaman mendalam tentang kebutuhan dan tujuan bisnis Anda.
Seorang copywriter terampil yang dipersenjatai dengan semua informasi yang mereka butuhkan dapat memperkuat upaya pemasaran dan ROI Anda ke level baru dan menyusun citra merek Anda untuk audiens target Anda.
Simak 7 Tips Copywriting Dasar untuk Pemula dan materi Copywriting lainnya di Meet The Guru dan daftarkan diri Anda melalui fitur Acara.
Penulis : Anisa Wakidah, Rosa Shafira Gunawan