NBRS Corp
Strategi Pengelolaan Sumber Daya Manusia yang Efektif
Yuk masuk ke akun kamu untuk menonton konten ini

Masuk
15 Februari 2023 • Dilihat 1917 kali

Strategi Pengelolaan Sumber Daya Manusia yang Efektif

Aziz Styo Bekti, CHCM

NBRS Corp – Sumber Daya Manusia memiliki peran yang penting dalam mendukung kesuksesan suatu perusahaan. Untuk itu diperlukan usaha perencanaan SDM yang matang agar tujuan yang ingin dicapai dapat terpenuhi.

 

Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan praktik mulai dari perencanaan sumber daya manusia, mencari dan rekrut karyawan, pembuatan job deskripsi, sampai dengan penempatan karyawan tersebut.

 

Pada dasarnya, pengelolaan SDM berkaitan dengan koordinasi, motivasi dan pengendalian berbagai kegiatan dalam organisasi. Pengelolaan SDM akan melibatkan hal-hal terkait forecasting kebutuhan masa depan serta mengambil langkah untuk memastikan supply SDM dan keterampilan yang dibutuhkan dapat terpenuhi.

 

Dalam menyusun perencanaan SDM yang matang diperlukan berbagai faktor diantaranya kebutuhan jumlah pekerja yang proporsional untuk mengembangkan bisnis Anda.

 

5 Esensi Penting dalam Manpower Planning

1. Perencanaan yang Tepat

Kunci dalam fungsi mengelola manajerial fungsi manajerial yang terdiri dari merencanakan (planning) , mengelola (organizing) , mengarahkan (directing) dan mengontrol (controlling). Sumber daya manusia membantu dalam implementasi kegiatan manajerial diatas, sehingga menjadi kunci mengelola organisasi.

 

2. Pemanfaatan SDM yang Efisien

Pemanfaatan yang efisien personel karyawan akan menjadi fungsi yang penting dalam suatu organisasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan Pengaturan perusahaan skala besar membutuhkan pengelolaan tenaga kerja skala besar. Hal ini dapat dilakukan secara efektif melalui fungsi kepegawaian.

 

3. Motivasi

Fungsi kepegawaian tidak hanya mencakup menempatkan orang yang tepat pada pekerjaan yang tepat, tetapi juga terdiri dari program motivasional, yaitu, rencana insentif yang akan disusun untuk partisipasi lebih lanjut dan mempekerjakan karyawan dalam suatu perhatian. Oleh karena itu, semua jenis rencana insentif menjadi bagian integral dari fungsi kepegawaian.

 

4. Relasi yang Baik dengan Sesama Manusia

Kekhawatiran dapat menstabilkan dirinya sendiri jika hubungan manusia berkembang dan kuat. Hubungan manusia menjadi kuat melalui kontrol yang efektif, komunikasi yang jelas, pengawasan yang efektif dan kepemimpinan dalam suatu perhatian. Fungsi kepegawaian juga menjaga pelatihan dan pengembangan tenaga kerja yang mengarah pada kerjasama dan hubungan manusia yang lebih baik.

5. Produktivitas yang lebih tinggi

Tingkat produktivitas meningkat ketika sumber daya digunakan sebaik mungkin, produktivitas yang lebih tinggi adalah hasil dari pemborosan waktu, uang, tenaga, dan energi yang minimum. Hal ini dimungkinkan melalui kepegawaian dan aktivitas terkaitnya (Penilaian kinerja, pelatihan dan pengembangan, remunerasi).

Stainer menyebutkan bahwa “perencanaan tenaga kerja adalah strategi untuk perolehan, pemanfaatan, peningkatan, dan pelestarian sumber daya organisasi^ manusia. Ini bertujuan untuk mengoordinasikan persyaratan dan ketersediaan berbagai jenis karyawan.”

 

Simak materi menarik Meet The Guru lainnya di fitur E-Learning dan tonton Materi Aziz Styo Bekti, SHCM. disini.

 

Penulis : Anisa WakidahRosa Shafira Gunawan

 

 

Komentar (3)
Untuk berkomentar, harap Masuk atau Registrasi terlebih dahulu
Anda Ersa
1 tahun yang lalu
Mantap pak Aziz ilmunya, terima kasih atas sharing ilmunya. Ditunggu sesi berikutnya
Aziz S.
1 tahun yang lalu
Terima kasih, Pak Samsul Hadi. Insyaa Allah masih ada part selanjutnya dengan pembahasan yang lebih mendalam. Silahkan bila ada hal-hal yang ingin ditanyakan. Salam pembelajar 😊
Samsul Hadi
1 tahun yang lalu
Bagus mas Aziz, bisa lanjut lagi makalahnya. Kami tunggu jilid berikutnya