NBRS Corp
Strategi Visual Merchandaising untuk Meningkatkan Profit Penjualan
Yuk masuk ke akun kamu untuk menonton konten ini

Masuk
8 Desember 2023 • Dilihat 671 kali

Strategi Visual Merchandaising untuk Meningkatkan Profit Penjualan

Rizky Muhammad Yusuf

Pada awalnya keberadaannya, visual merchandise cukup tidak dianggap sebagai hal yang serius, lalu perlahan visual merchandiser menjadi sebuah divisi yang cukup penting bagi sebuah toko ritel. Dengan itu, di zaman sekarang visual merchandiser banyak dicari karena inspirasi dan pengaruh yang cukup signifikan terhadap profit penjualan.

 

Secara simple, visual merchandising yaitu sebuah seni menyajikan suatu produk secara visual dengan cara semenarik mungkin. Tentunya dengan strategi visual merchandising yang efektif, disini toko harus mampu mengarahkan para calon pembeli kepada sebuah produk secara khusus, dan memicu untuk melakukan sebuah transaksi pembelian.

 

Tugas dari visual merchandiser lebih dari sekedar menghias sebuah manekin, visual merchandiser diharapkan mampu mengatur dan mempelajari presentasi visual dari windows dan in-store display dengan memberikan nyawa dan menciptakan kesan yang baik di dalam sebuah toko.

 

Berikut Pentingnya Visual Merchandising:

 

1. Memikat Pandangan Calon Pembeli
Dengan penataan produk yang cukup menarik dan tata letak yang strategis, visual merchandising dapat membantu menarik perhatian para pelanggan yang sedang berjalan di depan toko untuk mengundang mereka memasukinya.

 

2. Membuat Belanja Lebih Menyenangkan
Dengan adanya visual merchandising yang baik maka akan menciptakan pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi para pelanggan. Tentunya dengan adanya tata letak yang teratur, penempatan pencahayaan dan warna yang tepat.


3. Memperkuat Ciri pada Sebuah Brand
Disini fungsi visual merchandising cukup penting dalam hal membangun identitas sebuah brand. Dengan menggunakan visual seperti logo dan nama brand dengan gaya desain yang menarik dan unik, sehingga akan memiliki ciri khas yang dikenal pembeli atau calon pembeli.


4. Dapat Meningkatkan Penjualan
Visual merchandising bila dilakukan secara efektif dapat mendorong peningkatan penjualan. Dengan menampilkan produk yang unik dan menarik juga dapat menggugah minat, maka akan membuka peluang lebih untuk calon pembeli melakukan transaksi.

 

Jika sudah memiliki keahlian dalam visual merchandising, maka otomatis akan memahami lebih dalam mengenai strategi pemasaran yang efektif, dan membekali Anda untuk sukses di dunia ritel.

 

Lihat juga  Artikel seputar Virtual Merchandising lainnya:


Alasan Bisnis Busana Muslim dan Prospeknya

Ini Tips Mix & Match dengan Tunik, Kekinian Abis!

Komentar (0)
Untuk berkomentar, harap Masuk atau Registrasi terlebih dahulu