NBRS Corp - Leads adalah orang atau audiens yang telah terpengaruh dengan produk perusahaan dan akhirnya menjadi klien. Melalui leads perusahaan dapat meproyeksikan penjualan dengan mengacu pada proses identifikasi calon pembeli.
Untuk mendapatkan leads, suatu peruhaan perlu melakukan beberapa usaha agar arah penjualan bisa sesuai dengan target yang ditargetkan.
Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah menerapkan strategi leads funnel. Konteks dalam leads pada materi ini adalah sales funnel.
Sales funnel adalah strategi penjualan yang disusun dengan hierarki tertentu mulai dari kesadaran (awareness) hingga tindakan closing atau pembelian.
Secara tradisional, pembeli akan membeli barang yang dibutuhkan dengan mendatangi toko dan berkomunikasi langsung dengan penjual.
Seiring perkembangan teknologi dan informasi, proses penjualan memiliki tahapan yang lebih panjang. Puluhan bahkan ratusan aplikasi dan platform tersedia dan ditawarkan kepada pembeli dengan kemudahaan belanja tanpa harus bertatap muka dengan penjual.
Pada tahap kesadaran, calon pelanggan menghadapi masalah yang perlu dipecahkan oleh produk yang Anda tawarkan.
Pada tahap ini, orang mencoba mengidentifikasi masalah, sehingga mereka mencari informasi, biasanya di Google. Melalui tahapan ini, diharapkan produk yang Anda tawarkan mampu memberikan jawaban dari kebutuhan calon pembeli.
Pada tahap tertarik, calon pembeli akan menunjukkan minatnya pada produk yang Anda miliki. Biasanya hal ini ditunjukkan ketika calon pembeli mencari informasi yang lebih spesifik. Mulai dari tahap ini, Anda dapat mengubah prospek menjadi pelanggan.
Pada tahap ini, orang memilih produk tertentu berdasarkan karakteristik utamanya. Pada tahap ini, Anda perlu menjual gagasan bahwa perusahaan atau produk Anda untuk dapat memecahkan masalah calon pembeli.
Perlu diingat, produk Anda harus lebih baik daripada pesaing untuk memenangkan persaingan. Pada tahap ini, calon pembeli akan lebih memperhatikan manfaat yang akan diperoleh apabila membeli produk Anda.
Setelah orang memilih produk, mereka menelusuri toko online yang berbeda untuk mencari harga terbaik. Pada tahap ini, buat penawaran yang menarik untuk mengubah prospek menjadi pelanggan yang membayar. Pada tahap ini calon pembeli sudah mantap untuk melakukan pembelian.
Simak selengkapnya di sini.
Tonton juga E-Learning seputar Sales dan berrbagai Acara Meet The Guru lainnya:
Ikuti materi-materi berharga lainnya di Meet The Guru dan daftarkan diri Anda melalui fitur Acara nbrscorp.co.id