NBRS Corp

Apa Itu Strategi Niche

18 November 2021   |   Anisa Wakidah

NBRSCorp- Strategi niche market adalah strategi pemasaran yang fokus pada penjualan produk dengan target pasar dan konsumen  yang spesifik. Cara ini sangat penting bagi para pebisnis dalam membangun bisnis mereka di dunia bisnis yang persaingannya semakin ketat dan luas. 

 

Dilansir dari laman The Balances MB, segmentasi niche market ditujukan kepada pelanggan yang spesifik yang bukan merupakan target dari pasar utama. Strategi niche merupakan strategi yang melayani tuntunan unik yang tidak ditangani oleh penyedia utama. Para ahli menyebutkan terdapat beberapa elemen konsumen utama yang harus dipertimbangkan para pengusaha ketika ingin mencoba mengidentifikasi dan mendominasi niche dalam bisnis. 


5 Strategi Niche Market


Melansir dari laman Business News Daily, terdapat 5 strategi niche market yang dapat diterapkan dalam bisnis Anda. Berikut uraiannya:


1. Tentukan Target Audiens

 

Untuk mengidentifikasi niche, Anda dapat mencoba memulai dengan menyeleksi pasar umum. Woodley memberikan satu tips yang mungkin dapat Anda terapkan, yakni dengan melakukan pendekatan yang fokus pada suatu area yang Anda kuasai. Hal ini juga dapat dimaknai bahwa Anda perlu fokus pada target pasar yang Anda memiliki pengetahuan didalamnya. Sementara itu, setelah tahapan ini selesai selanjutnya Anda dapat memulai melakukan identifikasi subtopik didalamnya.

 

Sebagai contoh, dalam industri fashion, niche yang Anda pilih adalah busana muslim. Dari target busana muslim, Anda mengerucutkan lagi menjadi “busana muslim untuk kalangan muda”, “busana muslim untuk orang-orang yang sedang hijrah”, “busana muslim mode trendy”, dll.

 

2. Tentukan kebutuhan yang tidak terpenuhi atau kurang terlayani di pasar umum

 

Analisis target audiens Anda dan identifikasi kesenjangan yang ada di pasar. Walters menyebutkan produk Anda harus menekankan pada kebutuhan audiens saat ini.

 

3. Teliti Base Pelanggan Anda

 

Walters dan Woodley keduanya menekankan untuk melakukan penelitian terkait target audiens. Penelitian yang dimaksud adalah dengan meneliti hal-hal seperti: kebutuhan pelanggan, tujuan, motivasi, kekecewaan hingga ekspektasi audiens.

 

Walters mengatakan bahwa membuat audiens Anda terlibat sejak awal pengembangan MVP (produk yang layak minimum) sangat penting; meskipun ini adalah sesuatu yang harus Anda lakukan pada awal bisnis Anda, Anda juga harus melakukan pemeriksaan pemeliharaan rutin untuk menilai kembali basis pelanggan dan persaingan Anda.

 

4. Ciptakan Rencana Bisnis Anda


Woodley menyebutkan bahwa untuk menciptakan rencana bisnis yang tepat Anda perlu menentukan kebutuhan mana yang harus dipenuhi, mencari tahu gambaran pelanggan ideal Anda, serta memutuskan model penetapan harga. Sempurnakan ide bisnis Anda untuk mencerminkan apa yang telah Anda pelajari tentang target audiens Anda.

 

5. Pasarkan Bisnis Anda kepada Audiens yang Spesifik


Sama halnya dengan produk, service atau pelayanan kepada pelanggan juga perlu difokuskan juga. Woodley menyebutkan bahwa iklan yang telah memiliki target sasaran, postingan di blog, dan podcast merupakan suatu alat yang berharga untuk menyampaikan pesan Anda kepada orang-orang yang mungkin tertarik dengan niche Anda. 


"Kerja keras, layanan pelanggan yang baik, dan kemauan untuk menilai kembali pasar bisnis Anda secara berkala akan menempatkan Anda dengan baik di jalan untuk menjalankan bisnis niche yang sukses," kata Woodley.

 

Baca juga artikel Bisnis  atau artikel  NBRS Corp lainnya.

Penulis: Anisa Wakidah

Komentar (0)
Untuk berkomentar, harap Masuk atau Registrasi terlebih dahulu