NBRSCopr- Sama halnya dengan jenis teks lainnya yang memiliki susunan tertentu, teks iklan juga memiliki kekhasannya sendiri. Teks iklan ditulis dengan kepadatan isi, namun memiliki tuntutan untuk menyampaikan informasi produk secara menyeluruh.
Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan terkait teknik copywriting yang juga harus disesuaikan dengan susunan teks ikan yang berlaku.
Dalam teks advertorial atau teks iklan diperlukan gaya penulisan yang halus dan menyasar kepada konsumen. Susunan teks iklan cukup sederhana, yakni terdiri dari headline dan body copy. Teks dalam body copy cenderung memuat penjelasan lebih lanjut dari teks headline.
Selain struktur dan kebahasaan dalam iklan, Jimmy Nur Zamzamy dalam diskusinya di acara Meet The Guru persembahan NBRS Corp, juga menambahkan tips lainnya yakni dengan menggunakan strategi pembuatan iklan dalam bentuk seri.
“Kalau ingin membuat suatu iklan, buatkan dalam bentuk seri”. Tutur Jimmy Nur Zamzamy dalam sesi kedua acara Meet The Guru.
Selain itu, ia juga menambahkan bahwa rangkaian seri pada suatu iklan dibuat dengan tujuan agar khalayak atau masyarakat selaku pembaca tidak bosan dengan konten yang disajikan.
Adanya sosial media dan media daring saat ini sangat menguntungkan para pengusaha dalam menayangkan iklan berkali-kali secara cuma-cuma.
Pada masa sebelum internet hadir, iklan hanya dipasang secara cetak, tentu saja dibutuhkan biaya lebih untuk pemasangan iklan. Untuk itu, para pengusaha UKM perlu memandang peluang ini serta berusaha dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk memajukan usaha mereka.
Baca juga artikel bisnis atau artikel lainnya di situs NBRS Corp.
Penulis : Anisa Wakidah