NBRS Corp
Memahami People Development: Tugas dan Strategi Pengembangannya
Yuk masuk ke akun kamu untuk menonton konten ini

Masuk
23 Februari 2023 • Dilihat 1729 kali

Memahami People Development: Tugas dan Strategi Pengembangannya

Aziz Styo Bekti, CHCM

NBRS Corp  Pengembangan sumber daya manusia (SDM) merupakan  suatu upaya mengembangkan kualitas dan produktivitas karyawan dalam bentuk program pelatihan dan pengembangan. Hal ini, membantu karyawan untuk mengembangkan pengetahuan, skill dan attitude atau sikap yang belum dimiliki dan dibutuhkan di pekerjaan demi mencapai tujuan bisnis. 

 

Proses ini penting dilakukan oleh perusahaan sebagai bagian dari bentuk investasi jangka panjang untuk mengembangkan kemampuan, kinerja dan loyalitas karyawan. 

 

Fokus utama dari pengembangan sumber daya manusia adalah pembentukan dan perencanaan kebutuhan jenjang karir, perilaku, skill, dan kompetensi karyawan agar menjadi sosok yang produktif dan memiliki kontribusi terbaik bagi perusahaan.

 

Secara sederhana, program pengembangan ini bisa dilakukan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Sementara itu, perusahaan akan mendapatkan hasil yang bermanfaat dalam meningkatkan loyalitas dan performa karyawan. Untuk membantu perusahaan mulai mengembangkan sumber daya manusia, berikut 5 strategi untuk mengembangkan performa karyawan.

 

5 Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia

 

1. Lakukan Analisis Skill Gap 

 

Sebuah organisasi atau perusahaan bisa melakukan analisis antara skill yang dimiliki karyawan dengan kebutuhan perusahaan untuk membuat rencana strategis pengembangan sumber daya manusia yang dimilikinya. Apabila terjadi mismatch atau ketidakcocokan maka tugas seorang HR perlu menjadikan ini sebagai bahan pertimbangan dalam melaksanakan program pelatihan kedepannya. 

 

Analisis skill gap ini juga bisa membantu perusahaan dan karyawan untuk terus tumbuh dan berkembang dalam mengikuti perubahan zaman. 

 

2. Merencanakan Coaching dan Mentoring

 

Strategi pengembangan sumber daya manusia salah satunya bisa dilakukan dengan pola coaching dan mentoring

 

Pola ini bisa dilakukan oleh atasan ke staf, antar sesama manager, maupun sesama rekan kerja.  Hal ini kemudian mampu mendorong pembinaan rekan kerja di suatu organisasi sehingga dapat membantu menumbuhkan berbagai pengetahuan dan membangun budaya belajar di tempat kerja Anda.

3. Melaksanakan Program Pelatihan Secara Profesional

 

Pelatihan karyawan perlu dilakukan guna mengukur dan meningkatkan kompetensi yang dimiliki karyawan. bentuk pelatihan bisa berupa pengetahuan informasi dengan memberikan akses seminar, e-learning hingga memfasilitasi buku yang berkaitan dengan pekerjaannya. 

 

Selain pelatihan teoritis, seorang HR juga bisa mengatur pelatihan dalam bentuk praktik langsung yang dilakukan oleh orang yang pakar/profesional di bidangnya.  

 

4. Pengembangan Soft Skill

 

Aspek soft skill dalam pengembangan karyawan sangat dibutuhkan salah satunya kecerdasan emosional seperti keterampilan bersosialisasi, komunikasi, motivasi, empati hingga sifat kepemimpinan. 

 

Untuk mengasah hal tersebut organisasi/perusahaan bisa mendatangkan pelatih yang dapat memberikan pengembangan soft skill, pelatihan ini akan membantu komunikasi dan hubungan antar karyawan lebih baik, sehingga pekerjaan dapat dilakukan secara lebih efektif dan efisien.

 

5. Menyediakan Proses Pembelajaran secara Online / Virtual 

 

Di masa serba digital ini, proses training atau pelatihan semakin fleksibel karena bisa diakses kapan saja dan dimana saja, oleh karena itu sebuah organisasi atau perusahaan bisa melakukan berbagai cara untuk melakukan pelatihan bagi karyawannya. 


Sesi tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi online meeting seperti Zoom atau Google Meet. Juga bisa membuat berbagai video mengenai pengembangan diri melalui program Meet The Guru yang bisa diakses melalui webstie nbrscorp.co.id.

 

Simak materi menarik Meet The Guru lainnya di fitur E-Learning dan tonton Materi Aziz Styo Bekti, SHCM disini.

 

Penulis : Rosa Shafira Gunawan

Editor : Anisa Wakidah

 

 

 

Komentar (0)
Untuk berkomentar, harap Masuk atau Registrasi terlebih dahulu