NBRS Corp
Peran Sosial Media dalam Membangun Bisnis Digital
Yuk masuk ke akun kamu untuk menonton konten ini

Masuk
7 September 2022 • Dilihat 1092 kali

Peran Sosial Media dalam Membangun Bisnis Digital

Imaduddin

NBRS Corp –  Media sosial memegang peran di era digital sebagai akses untuk melakukan interaksi dengan teman dan keluarga. Media ini kemudian diadopsi dalam dunia bisnis bagi mereka yang ingin memanfaatkan metode komunikasi baru yang populer untuk menjangkau pelanggan.

 

Kekuatan media sosial terletak pada kemampuannya untuk terhubung dan berbagi informasi dengan siapa pun di dunia atau dengan banyak orang secara bersamaan.

 

Mengutip dari Investopedia, setidaknya ada lebih dari 3,8 miliar pengguna media sosial di seluruh dunia.

 

Media sosial selalu berubah dan terus berkembang. Kemunculan aplikasi baru seperti TikTok dan Clubhouse turut meramaikan jajaran jejaring sosial mapan seperti Facebook, YouTube, Twitter, dan Instagram. Pada tahun 2023, jumlah pengguna media sosial di Amerika Serikat diperkirakan akan meningkat menjadi sekitar 257 juta pengguna.

 

Menurut Pew Research Center, pengguna media sosial cenderung berusia lebih muda. Hampir 90% orang berusia antara 18 dan 29 tahun menggunakan setidaknya satu bentuk media sosial. Lebih lanjut, para pengguna ini cenderung berpendidikan lebih baik dan relatif kaya, atau berpenghasilan lebih dari $75.000 per tahun.

 

Jenis Media Sosial

 

Media sosial dapat berupa berbagai aktivitas yang mendukung teknologi. Kegiatan tersebut antara lain berbagi foto, blogging, game sosial, jejaring sosial, berbagi video, jaringan bisnis, dunia maya, ulasan, dan masih banyak lagi. Bahkan pemerintah dan politisi memanfaatkan media sosial untuk terlibat dengan konstituen dan pemilih.

 

Bagi individu, media sosial digunakan untuk tetap berhubungan dengan teman dan keluarga besar. Beberapa orang akan menggunakan berbagai aplikasi media sosial untuk mengembangkan peluang karir, menemukan orang-orang di seluruh dunia dengan minat yang sama, dan berbagi pemikiran, perasaan, wawasan, dan emosi mereka. Mereka yang terlibat dalam kegiatan ini adalah bagian dari jaringan sosial virtual.

 

Untuk bisnis, media sosial adalah alat yang sangat diperlukan. Perusahaan menggunakan platform untuk menemukan dan terlibat dengan pelanggan, mendorong penjualan melalui iklan dan promosi, mengukur tren konsumen, dan menawarkan layanan atau dukungan pelanggan.

 

Peran media sosial dalam membantu bisnis sangatlah signifikan. Ini memfasilitasi komunikasi dengan pelanggan, memungkinkan perpaduan interaksi sosial di situs e-commerce.

 

Kemampuan sosial media untuk mengumpulkan informasi membantu fokus pada upaya pemasaran dan riset pasar. Ini membantu dalam mempromosikan produk dan layanan, karena memungkinkan distribusi penjualan dan kupon yang ditargetkan, tepat waktu, dan eksklusif kepada calon pelanggan.

 

Lebih lanjut, media sosial dapat membantu dalam membangun hubungan pelanggan melalui program loyalitas yang terkait dengan media sosial.

 

Tonton materi seputar sosial media dan cara pembuatan konten disini.

 

Simak juga E-Learning seputar Sales  dan berrbagai Acara Meet The Guru lainnya:

Penulis : Anisa Wakidah

Komentar (0)
Untuk berkomentar, harap Masuk atau Registrasi terlebih dahulu