NBRS Corp
Tips dan Trik Mengubah keluhan Pelanggan Menjadi Peluang Bisnis
Yuk masuk ke akun kamu untuk menonton konten ini

Masuk
5 Juni 2023 • Dilihat 832 kali

Tips dan Trik Mengubah keluhan Pelanggan Menjadi Peluang Bisnis

Rendy Maulana

NBRS Corp - Pastinya kita tahu dalam menjalankan sebuah bisnis tentunya Anda akan mendapatkan banyak respon yang beragam dari para customer. Dan semua isi dari respon tersebut bisa berupa respon positif maupun negatif.


Menyenangkan bukan apabila Anda mendapatkan respon yang psitif dan pujian dari para customer. Tetapi semantara itu jika ada beberapa keluhan dari customer, Anda baiknya segera melakukan evaluasi. 


Pada intinya mau sebaik apapaun produk atau layanan yang Anda berikan, tetap saja keluhan dari para customer itu pasti selalu ada dan tidak bisa Anda hindari. Pasti ada saja hal-hal yang dirasa kurang pas di mata para customer.


Oleh karna itu, Anda sebagai pemilik Bisnis, mau tidak mau Anda harus siap dengan semua hal tersebut. Perlu kita ketahui dengan adanya keluhan-keluhan dari para customer, itu bisa menjadi hal yang positif dan menguntungkan bagi Bisnis Anda!!.


Tips dan Trik Mengubah keluhan Pelanggan Menjadi Peluang Bisnis


1. Pahamilah Keluhan-keluhan Para Pelanggan lebih dahulu

Para pelanggan tidak mungkin mengeluh tanpa alasan. pasti ada alasan yang melatarbelakangi mengapa pelanggan tersebut merasa kurang puas dengan bisnis yang Anda. Pada dasarnya pelanggan yang sering mengutarakan keluhan-keluhan mereka ke bisnis Anda itu tandanya para pelanggan masih peduli dengan bisnis Anda.


JIka ada pelanggan yang sudah tidak peduli mereka cenderung mengekspresikan kekecewaanya mereka bukan kepada bisnis Anda, tetapi kepada teman terdekat atau juga bisa melalui postingan di media sosial. 


2. Dengarkan Sebaik Mungkin Keluhan Para Pelanggan

Ketika Anda sudah mulai menerima keluhan pelanggan, besar kemungkinan Anda akan merasa tidak nyaman dengan keluhan tersebut. Tetapi Anda tetap harus menanganinya dengan tepat, hal yang paling wajib Anda lakukan saat para pelanggan mulai mengutarakan keluhan-keluhannya adalah dengan cara mendengarkan.

 

Di sini Anda harus benar-benar  dengarkan tanpa memikirkan jawaban terkait dengan apa yang pelanggan ucapkan kepada Anda, mengapa?, karena cara Anda mendengarkan sangatlah krusial untuk meredakan situasi yang memanas.


3. Bersikaplah empati Terhadap Perasaan Pelanggan Anda

Ketika Anda ingin menunjukan sikap empati terhadap para pelanggan, Anda harus coba untuk memperhatikan nada bicara, Body Language dan Eye Contact itu juga penting. Terutama apabila Anda menanggapi komplain secara online, Anda perlu memperhatikan bagaimana solusi dan empati yang bisa dituangkan dalam tulisan.


4. Lakukan Tindakan yang berkaitan dengan Keluhan

Yang perlu Anda lakukan selanjutnya yaitu menginformasikan tindakan apa yang akan Anda lakukan terkait situasi para customer. Akan jauh lebih baik apabila jika bisnis yang Anda miliki memiliki evaluasi mengenai komplain, tetapi Anda perlu menyesuaikan tipe-tipe para customer serta kondisi yang dialaminya.


Simak pembahasan seputar Bisnis lainnya dengan mengikuti kelas ini!
 

Tonton juga E-Learning seputar Bisnis dan berbagai kelas Meet The Guru lainnya
-    Sales Forcasting Strategi Mencapai Target Omzet Penjuala
-    Membangun TRUST Customer untuk Meningkatkan Omzet Perusahaan


 
Ikuti materi-materi berharga lainnya di Meet The Guru  dan daftarkan diri Anda melalui fitur Acara nbrscorp.co.id


Penulis : Sonia Auliya

Komentar (0)
Untuk berkomentar, harap Masuk atau Registrasi terlebih dahulu