NBRS Corp
Fundamental Design Grafis dan Praktik Praktis Pakai Canva
Yuk masuk ke akun kamu untuk menonton konten ini

Masuk
30 November 2022 • Dilihat 2205 kali

Fundamental Design Grafis dan Praktik Praktis Pakai Canva

Ali Akbar Amrulloh

NBRS - Saat Anda membayangkan tentang desain grafis, Anda mungkin akan memikirkan iklan artistik, grafik yang menarik perhatian di situs web, atau mungkin spread yang ditata dengan menakjubkan di majalah. Sesuai dengan namanya, desain grafis merupakan istilah yang mencakup banyak hal, seperti: poster, infografis, sampul buku, label produk, logo, kartu nama, tanda, tata letak situs web, dan lain-lain. 

 

Design grafis dapat diartikan sebagai keahlian menyusun dan merancang unsur visual menjadi informasi yang dimengerti publik atau masyarakat.

 

Dalam desain terdapat prinsip-prinsip yang harus diikuti oleh seorang desainer untuk menciptakan komposisi yang efektif dan menarik. Prinsip dasar desain diantaranya, yakni: penekanan, keseimbangan dan penyelarasan, kontras, pengulangan, proporsi, gerakan, dan ruang putih.

 

Suatu desain dibuat harus memiliki tujuan. Secara visual, fungsi ini diinterpretasikan dengan memastikan sebuah gambar memiliki pusat perhatian, titik fokus. Berikut merupakan 5 elemen fundamental desain grafis yang perlu Anda ketahui.

 

5 Elemen Fundamental Design Grafis

 

1. Bentuk

 

Bidang atau bentuk menjadi elemen utama dari aksen komunikasi dan bisa disesuaikan dengan kesan serta nuansa yang ingin disampaikan. Bentuk dasar dalam desain grafis terbagi menjadi 2 yaitu bentuk geometris (segitiga, segiempat, segilima, lingkaran dan lainnya) dan bentuk organis dengan ciri lengkungan bebas dan fleksibel.

 

2. Warna

 

Warna memiliki peran yang penting dalam sebuah design. Warna mewakili presepsi bagi yang akan melihatnya, sehingga pemilihan dan komposisi warna yang akan digunakan dapat menggambarkan atau mewakili makna tersendiri, dan menciptakan value dan memainkan kontras untuk mencari warna yang sesuai.

 

3. Layout dan Komposisi

 

Elemen layout dan komposisi merupakan pondasi suatu desain, elemen ini berfungsi untuk memberikan struktur pada design sehingga layout dan komposisi bisa disesuaikan dengan konten yang akan dimuat. 

 

4. Tipografi (Font dan Susunan Huruf)

 

Tipografi merupakan tampilan atau gaya dari teks baik dalam hal warna, ukuran, ketebalan, jarak dan jenis huruf yang akan digunakan, jenis huruf ini akan memberikan kesan tersendiri. Penting untuk memperhatikan pesan yang ingin ia sampaikan agar sesuai dengan tipografi yang ia tetapkan.

 

5. Branding dan Identitas

 

Membangun dan menciptakan identitas / branding yang baik bisa dilakukan dengan bagaimana kita harus memahami dan berkomunikasi secara visual dengan baik. Sehingga pesan yang ingin diasampaikan bisa bersifat persuasive (mengajak, menyerukan).

 

Simak esensi penting lainnya dan Praktik Praktis Design Grafis menggunakan Canva disini!!

 

Tonton juga E-Learning seputar Sales  dan berrbagai Acara Meet The Guru lainnya:

- Strategi Menambah Followers di Tiktok Wajib Kamu Ketahui

- Sales Forecasting Strategi Mencapai Target Omzet Penjualan

 

Ikuti materi-materi berharga lainnya di Meet The Guru  dan daftarkan diri Anda melalui fitur Acara nbrscorp.co.id


Penulis : Anisa WakidahRosa Shafira Gunawan

Komentar (1)
Untuk berkomentar, harap Masuk atau Registrasi terlebih dahulu
Syafiatul ilmi
1 tahun yang lalu
Terimakasih ilmunya :)