NBRS Corp - Sales Canvassing merupakan langkah dalam proses penjualan untuk mendapatkan pelanggan dan menjual produk atau layanan mereka. Strategi ini memungkinkan perusahaan menjadi lebih dekat dan mudah dijangkau saat melakukan penjualan.
Mempelajari Sales Canvassing dapat meningkatkan peluang bisnis Anda dan meningkatkan pendapatan penjualan. Kelas kali ini, kita membahas apa yang dimaksud dengan canvassing sales, berbagai jenis dan manfaat dari canvassing dan menjelaskan bagaimana melakukan teknik Sales Canvassing.
Canvassing adalah teknik dalam penjualan kepada calon pelanggan yang memiliki sedikit atau tidak memiliki pengetahuan dengan merek Anda sebelumnya. Bisnis menggunakan canvassing ini ditujukan untuk meningkatkan penjualan, meningkatkan kesadaran merek, dan menumbuhkan basis pelanggan mereka.
Saat melakukan kegiatan Sales Canvassing, terdapat beberapa metode menghubungi calon pelanggan yang meliputi:
Tipe ini juga dikenal sebagai telemarketing. Tim pemasaran bisa mendapatkan nomor telepon konsumen untuk melakukan cold calling dari pihak ketiga.
Tujuan dari tipe ini yaitu untuk membangun hubungan dengan konsumen serta meningkatkan kemungkinan mereka membeli produk dari perusahaan di masa depan.
Saat melakukan canvassing door-to-door, seorang perwakilan memilih area tertentu yang dapat memperoleh manfaat dari produk atau layanan perusahaan.
Email langsung untuk penjualan sering kali berisi informasi tentang masalah yang mungkin dialami pelanggan dan bagaimana perusahaan dapat membantu memecahkan masalah ini dengan produk atau layanan mereka.
Melalui pengiriman email, sales juga berkemungkinan untuk mengirimkan tautan ke situs web perusahaan agar calon pembeli memiliki opsi tambahan untuk membeli produk atau menghubungi perusahaan yang selanjutnya diharapkan dapat melakukan pembelian.
Pendataan penjualan merupakan langkah penting dalam proses penjualan. Beberapa manfaat yang didapatkan dari melakukan Sales Canvassing, diantaranya yaitu:
Salah satu manfaat dari canvassing adalah ada banyak pelanggan potensial untuk dihubungi terkait dengan upaya menawarkan produk Anda.
Profil audiens target adalah seperangkat karakteristik yang menggambarkan demografis kepada siapa perusahaan mencoba menjual produk atau layanannya. Dengan menghubungi banyak calon konsumen, perusahaan dapat menciptakan prospek, melakukan penjualan, dan membuat lebih banyak orang mengetahui merek tersebut.
Strategi Sales Canvassing ini juga bermanfaat dalam membantu membangun basis pelanggan yang mengarah pada pendapatan yang lebih tinggi dan berpotensi memperluas jaringan bisnis.
Ketika konsumen menolak untuk melakukan pembelian, ini juga dapat data bagi tim pemasaran dan penjualan terkait data audiens target mereka. Disisi lain, tim pemasaran dan penjualan dapat menilai kembali audiens target untuk melakukan upaya peningkatan kualitas produk.
Memiliki keterampilan komunikasi tingkat lanjut dapat meningkatkan penjualan dan membantu dalam membangun hubungan dengan pelanggan. Dampak nyatanya adalah menciptakan loyalitas merek. Sales juga dapat belajar tentang strategi dan keterampilan penjualan, seperti negosiasi dan menggunakan logika, emosi, atau etika.
Canvassing juga bermanfaat bagi perusahaan karena membantu melakukan penjualan kepada pelanggan baru. Menghubungi pelanggan secara langsung juga berguna saat membangun hubungan yang dapat meningkatkan penjualan. Hal ini tentu selaras dengan perasaan yang dirasakan oleh pelanggan yang merasakan loyalitas terhadap merek Anda.
Baca juga artikel