NBRS Corp

Mengenal Niche: Pengertian, Tips, dan Contohnya

18 November 2021   |   Anisa Wakidah

NBRS Corp - Niche Market adalah strategi dalam industri untuk menentukan target konsumen dan pasar lebih spesifik. Menargetkan dan menerapkan strategi niche market sangat penting bagi pelaku bisnis untuk mendominasi industri yang serupa.

 

Charlene Walters yakni seorang pebisnis dan penulis buku Own Your Other menyebutkan bahwa menemukan niche yang membedakan bisnis Anda dari para pesaing memungkinkan Anda untuk unggul di sektor Anda.

 

Menemukan niche sangat penting bagi para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) agar produk yang dihasilkan tidak hanya menciptakan aliran pendapatan yang stabil, akan tetapi juga membangun audiens yang setia.

 

Walters menyebutkan bahwa niche market yang baik akan sangat membantu Anda dalam memastikan bahwa sekelompok pelanggan tertentu akan membeli produk yang ditawarkan dalam bisnis Anda.

 

Niche merupakan strategi dalam bisnis yang memfokuskan bisnis pada satu hal spesialisasi untuk membedakan diri dari pesaing di pasar yang lebih luas. Seorang pebisnis perlu menentukan niche di industri mereka dengan mencari celah kebutuhan yang kurang terlayani atau tidak terpenuhi dalam pasar.

 

Terdapat beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menemukan niche Anda. Berikut diantaranya:

  • Tentukan target audiens yang akan menjadi sasaran bisnis Anda

  • Tentukan kebutuhan yang tidak terpenuhi atau kurang terlayani dari bisnis yang berkembang di masyarakat

  • Lakukan penelitian terkait basis pelanggan Anda

  • Buat rencana dan persiapan untuk bisnis Anda

  • Pasarkan bisnis Anda ke audiens spesifik yang Anda targetkan.

 

Dilansir dari situs Business News Daily, sangat penting menemukan niche dalam bisnis Anda. Hal ini kedepannya bertujuan untuk membedakan diri Anda dari para pesaing bisnis serupa. Lebih dari itu, menerapkan strategi niche market juga dapat menguntungkan bisnis Anda dalam memenangkan audiens yang ditargetkan. 

 

Untuk mendapatkan hal tersebut, pengusaha perlu menentukan niche market yang secara khusus menargetkan customer tertentu. Niche market juga dapat dilakukan dengan memodifikasi strategi pasar dengan tujuan untuk mengakomodasi audiens tersebut.

 

Sebagai contoh, di Indonesia yang merupakan negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam memungkinkan menyebarnya industri busana muslim. Dari sekian banyak pebisnis yang bergerak di sektor ini, beberapa diantara mereka telah menentukan niche yang ditargetkan. Sebagian fokus pada niche jilbab anak sekolah, sebagian pada pakaian muslim syari, sebagian lagi mengusung niche busana muslim dengan desain trendy yang ditujukan bagi anak-anak muda.

 

Baca juga artikel Bisnis  atau artikel dari NBRS Corp lainnya. 

 

Penulis: Anisa Wakidah

Komentar (0)
Untuk berkomentar, harap Masuk atau Registrasi terlebih dahulu