NBRS Corp - Semua orang pasti takut ketika bisnis yang dijalaninya merugi. Tetapi bagaimana kita bisa tahu bisnis yang akan kita jalani merugi atau tidaknya dalam berbisnis jika kita tidak pernah mau mencobanya? Ketika sebuah bisnis mau untung atau rugi, maju atau tidaknya bisnis itu semua sepenuhnya tergantung pada orang yang menjalankan bisnis, memang tidak ada yang instan di dunia ini karna pada dasarnya semua itu butuh proses, pengorbanan maupun perjuangan.
Ketika Anda memutuskan untuk menjadi pebisnis. Anda harus persiapkan segalanya dengan baik, tidak cukup bukan hanya dengan modal dan nekad. Ketika Anda seorang pebisnis, Anda harus mampu untuk mencari peluang yang tepat untuk bisnis dan mengembangkannya dengan baik. Dalam kondisi itu sangat perlu dibutuhkan beragam kemampuan penunjang supaya bisa mengahasilkan hasil yang maksimal.
Berikut adalah selling skills (kemampuan-kemampuan dalam penjualan) yang harus di miliki dalam berbisnis:
Skill yang paling penting yang harus dimiliki oleh setiap pebisnis yaitu kemampuan dalam berpikir kreatif, karna langkah yang paling awal dalam membuka suatu usaha, pebisnis harus terlebih dahulu mengetahui mengenai produk tersebut tentang kelebihan dan kekurangan produk yang mau di tawarkan kepada para customer.
Leadership atau biasa juga disebut kepemimpinan. Skill yang satu ini sangat perlu untuk dipelajari, untuk bekal jika suatu saat bisnis yang kita jalankan semakin berkembang dan maju. Maka para pebisnis otomatis akan mempunyai karyawan yang lebih banyak. Untuk mengatur para karyawan Anda perlu membutuhkan sikap kepemimpinan yang baik, jadi Anda bisa membawa para karyawan Anda untuk berkembang bersama-sama dengan baik.
Manajemen waktu akan menjadi kemampuan penting yang harus dimiliki seorang pebisnis. Karena pada dasarnya waktu itu hal yang paling berharga dalam setiap aspek kehidupan manusia. Karena Anda harus membuat list jadwal untuk tugas-tugas yang mau Anda kerjakan untuk segala kegiatan dalam bisnis yang Anda jalankan. Apabila Anda sama sekali tidak membuat batasan waktu untuk mengerjakan tugas-tugas tersebut. Maka pekerjaan Anda akan menjadi tidak teratur.
Dengan melakukan komunikasi yang efektif. Maka otomatis lawan bicara Anda dapat dengan mudah memahami setiap ide atau pendapat yang Anda sampaikan. Dengan memiliki kemampuan komunikasi yang baik itu akan sangat membantu untuk perkembangan bisnis Anda.
Untuk di zaman ini persaingan di dalam dunia bisnis itu sangat ketat. Jadi Anda dan bisnis yang akan Anda jalankan perlu membuat strategis dalam menghadapi tantangan tersebut. Dalam membuka suatu bisnis Anda harus memiliki keahlian untuk berpikir strategis. Tanpa kemampuan berpikir strategis, Anda tidak akan bisa membuat rencana dengan tepat dan benar untuk bisnis Anda.
Masalah keuangan tidak boleh Anda anggap sepele. Jika ini Anda biarkan terus menerus maka usaha Anda tidak akan berjalan dengan benar. Oleh karena itu salah satu skill yang wajib dimiliki oleh para pebisnis yaitu Manajemen Keuangan.
Tonton juga E-Learning seputar Bisnis dan berbagai kelas Meet The Guru lainnya:
Ikuti materi-materi berharga lainnya di Meet The Guru dan daftarkan diri Anda melalui fitur Acara nbrscorp.co.id
Penulis : Sonia Auliya